Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae)

Harimau sumatra hanya di temukan di Pulau Sumatra, Indonesia.Populasi liar harimau sumatra di perkirakan sekitar 400 – 500 ekor.Pada awalnya di Indonesia terdapat tiga jenis harimau yaitu harimau jawa (Panthera tigris sondaica) yang di perkirakan telah punah sekitar tahun 1972 dan harimau Bali (Panthera tigris baica), yang di perkirakan punah sekitar tahun 1937. Saat ini harimau sumatra merupakan satu – satunya jenis harimau yang terdapat di Indonesia.

Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae)

Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae)

Harimau sumatra adalah jenis harimau dari delapan jenis yang ada di dunia. Harimau sumatra jantan memiliki panjang rata -rata 92 inci dari kepala ke yang buntut dengan berat 300 pound. Betinanya rata – rata memiliki panjang 78 inci dan berat 200 pound. Belang harimau sumatra lebih tipis dari pada sub spesies harimau lain. Sub spesies ini juga memiliki lebih banyak janggut serta surau di bandingkan sub spesies lain, terutama harimau jantan. Ukurannya yang kecil memudahkannya menjelajahi rimba. Terdapat selaput di sela – sela jarinya yang menjadikan mereka mampu berenang cepat. Harimau ini di ketahui menyudutkan mangsanya ke air, terutama bile binatang beruang tersebut lambat berenang. Bulunya berubah warna menjadi hijau gelap ketika melahirkan.

Harimau sumatra hanya di temukan di Pulau Sumatra. Jenis kucing besar ini mampu hidup dimanapun, dari hutan daratan rendah sampai hutan pegunungan, dan tinggal di banyak tempat yang tak terlindungi.

Harimau sumatra dapat berkembang biak kapan saja. Masa kehamilan adalah sekitar 103 hari. Biasanya harimau betina melahirkan 2 atau 3 ekor anak harimau sekaligus, dan paling banyak 6 ekor. Mata anak harimau baru terbuka pada hari ke sepuluh. Anak harimau hanya minum air susu induknya selama 8 minggu pertama. Sehabis itu mereka dapat mencoba makanan padat, namum mereka masih menyusu selama 5 atau 6 bulan. Anak harimau pertama kali meninggalkan sarang pada umur 2 minggu, dan belajar berburu pada umur 6 bulan. Mereka dapat berburu sendirian pada umur 18 bulan, dan pada umur 2 tahun anak harimau dapat berdiri sendiri. Harimau sumatra dapat hidup selama 15 tahun di alam.

Harimau sumatra berfungsi untuk menjaga keseimbangan alam diantaranya dengan berfungsi untuk mengurangi hama babi yang mengganggu perkebunan masyarakat.Kereberadaan harimau sumatra terancam dari kehilangan habitat (tempat tinggal) dari penebangan dan pembukaan lahan serta pemburuan.
Iklan

Posted on 30 Juli 2014, in Fauna. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s