Kedih (Reungkah)

Kedih (Reungkah ) adalah sejenis monyet atau lutung berekor panjang yang sebagian hidup terrestrial (diatas tanah) dan memiliki panjang badan antara 420 – 610 mm, ekor berukuran 500 – 850 mm dan berat antara 5.0 – 8.1 kg.Tubuh bagian atas berwarna abu – abu atau kehitaman dan bagian berwarna putih,ada jambul yang jelas diatas kepala dan bercak putih didahi.Pipi berwarna gelap,tangan dan kaki hitam.Jenis kedih terdapat di Sumatera bagian utara termasuk Aceh.

Reungkah atau Kedih

Reungkah atau Kedih

Kedih betina dapat melahirkan sepanjang tahun.Jenis primata yang hidup berkelompok antara 3 – 21 ekor, sebagian kelompok hanya terdapat satu jantan sehingga diasumsikan kedih hidup secara poligamus

Makanan utama kedih adalah buah – buahan, serangga, bunga cabang bahkan kadang – kadang tanah. Jenis daun yang sering dikonsumsi kedih diantaranya Gnetum latifollum, Paranephelium nitidum, Quercus sp, sedangkan tumbuhan buah diantaranya Dysoxylum spp, Cnestis platantha, dan Scorodocarpus borneensis.
Konsumsi air biasanya doperoleh dari makanan, tapi terkadang primata ini terkadang minum dari lobang pohon atau sungai – sungai yang kecil.Jumlah individual dalam satu kelompok kedih bervariasi antara 3 – 21 ekor. Kegiatan rutin kedih pada siang hari adalah beristirahat sesudah makan. Kedih biasanya di jumpai pada cabang tengah pohon bahkan di tanah. Tempat tidur pada malam hari baiasanya pada pohon yang tinggi mendekati pucuk, sementara tempat tidur pada siang hari umumnya diantara cabang pohon yang rimbun.Predator utama jenis ini adalah macan kumbang (Neofelis nebulosa), Harimau (Panthera tigris), dan ular piton (Python reticulatus).Presbytis thomasi hanya di jumpai di bagian utara Pulau Sumatera termasuk Aceh. Kedih adalah jenis primata yang sangat menarik dan pintar. Jenis ini sangat bermanfaat dalam membantu  regenerasi tumbuhan hutan terutama dalam menyebarkan biji buah hutan.

Sumber : FFI Aceh

 

 

 

 

 

Iklan

Posted on 27 Juli 2014, in Fauna. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s